Usai dilantik, Pj Wali Kota Parepare Ingatkan PPS Terpilih Harus Netral

Parepare_info. Penjabat Wali Kota Parepare melalui Kepala Badan Kesbangpol, Rustan Asta menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Walikota dan wakil walikota tahun 2024.

Kegiatan pelantikan tersebut dihadiri perwakilan Forkopimda, camatbm beserta para PPK, yang dilaksanakan di Hotel kenari, Minggu (26/5/2024).

Dalam sambutan Pj Wali Kota yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Parepare, Rustan Asta pada kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada Anggota PPS yang terpilih karena menurutnya, inilah yang terbaik dan memenuhi persyaratan, dari orang-orang yang mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota PPS.

“Hal ini dapat disyukuri, karena saudara sekalian mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari negara untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi, yang akan menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun kedepan, ” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, rustan menekankan agar seluruh penyelenggara pemilu tetap menjunjung tinggi integritas, serta profesionalisme dalam rangka menciptakan Pemilukada yang benar-benar berkualitas, sehingga hasilnya kedepan akan benar-benar dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“PPS merupakan ujung tombak KPU dalam memberikan pelayanan kepada seluruh pemilih yang ada di Kota Parepare. Sukses tidaknya pelaksanaan pemilu bergantung pada kinerja PPS selaku ujung tombak penyelenggara pemilu dibawah,”tandasnya.

Olehnya itu, ia berharap bahwa PPS harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, serta memahami kode etik sebagai pelaksana pemilihan umum.

“PPS harus bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana pemilihan umum yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil pemilu,”tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *