Pengusaha Parepare Tangkap Peluang Kembangkan Bisnis dan Investasi di IKN

Parepare_info. Balikpapan — Para pengusaha asal Kota Parepare siap menangkap peluang untuk kerja sama mengembangkan bisnis dan investasi dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu terungkap saat rombongan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bersama para pengusaha dipimpin Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali tiba di Kawasan IKN, Balikpapan, Kaltim, Jumat (3/5/2024).

Rombongan tiba dan diterima oleh perwakilan Otorita IKN di Ruang Rapat Lantai 1 Tower 8, Kantor Otorita IKN di Balikpapan. 


“Bagaimana kami mengakses untuk menjalin kerja sama terkait dengan pembangunan IKN, misalnya dalam hal menyiapkan atau suplai material,” kata salah satu pengusaha Parepare, H Mistang Hamid (MST) dalam kunjungan itu. 

Menanggapi hal itu, Analis Kebijakan Madya Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita IKN, Karnilus Manek mengarahkan koordinasi dengan Kementerian PUPR terkait kerja sama paket pekerjaan atau material.

“Secara teknis mereka (Kementerian PUPR) yang mengerjakan. Terkait suplai material, untuk saat ini diambil dari daerah Palu” kata Karnilus.

“Namun tidak tertutup kemungkinan kita juga membuka peluang untuk kompetitor lain mengajukan kerja sama dalam menyokong material untuk pembangunan IKN,” lanjut Karnilus.

Sementara Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mendorong para pengusaha yang ikut serta dalam kunjungan kerja di IKN agar memanfaatkan momentum ini mencari peluang mengembangkan bisnisnya.

“Siapa saja yang punya profesi atau keahlian, silakan cari peluang atau aspirasi agar lebih meningkatkan bisnis yang dilakukan,” pinta Akbar Ali yang memimpin kunjungan dari Parepare ke IKN.

Akbar Ali mengemukakan, pembangunan IKN masih panjang, sehingga pengusaha maupun investor asal Parepare bisa turut berkontribusi.

“Yang berkaitan dengan kebutuhan pembangunan di IKN bisa kita tawarkan untuk dikerjasamakan, baik itu pasokan pangan maupun materialnya,” tandas Akbar Ali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *