Adopsi Samarinda, Akbar Ali Optimis Parepare Bakal Lebih Maju

Parepare_info. Samarinda — Banyak harapan, peluang, dan tantangan dari kunjungan kerja jajaran Pemerintahan Kota Parepare termasuk Wakil Ketua DPRD Parepare M Rahmat Sjamsu Alam bersama para pengusaha di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satunya peluang kerja sama berbagai sektor dengan Otorita IKN dan daerah-daerah di Kaltim, seperti Kota Samarinda.

Hal ini terungkap saat rombongan Pemkot Parepare dan pengusaha yang dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali diterima langsung Wali Kota Samarinda, Andi Harun bersama Sekda Samarinda Hero Mardanus Setyawan, di Ruang Mangkupalas Kantor Balai Kota Samarinda, Jumat (3/5/2024)

Dalam kesempatan itu, Andi Harun menjelaskan potensi pembangunan dan geografis Kota Samarinda. Terungkap, luas Samarinda hampir sama dengan Jakarta.

Andi Harun mengungkapkan, dalam tata kelola pemerintahan, pemimpin harus memiliki kemampuan dan wawasan luas untuk mengembangkan daerah.

“Semua orang bisa memimpin jika dikasi uang, yang sulit itu bagaimana menghasilkan uang dari inovasi yang dilakukan untuk membangun pemerintahan,” ungkapnya.

Andi Harun mengulas, Samarinda punya tiga Perusda, dan siap bekerjasama dengan Parepare. 

“Tinggal bagaimana kita ini mempersiapkan diri sebagai penyangga pangan bagi Kalimantan, khususnya di IKN,” tegasnya.

Karena sudah dikunjungi, Andi Harun berjanji jajaran Pemkot Samarinda juga akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Parepare sebelum masa jabatan Pj Wali Kota Akbar Ali berakhir.

Sementara Pj Wali Kota Akbar Ali menyampaikan apresiasinya atas sambutan baik jajaran Pemkot Samarinda.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat berkunjung ke IKN dan Samarinda. Kita bermimpi Parepare bisa seperti kota tepian ini,” harap Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, Parepare adalah salah satu daerah terdekat yang memasok hampir semua logistik menuju Kalimantan. 

Karena itu, dia mengajak jajaran Pemkot Parepare beserta para pengusaha mengadopsi berbagai capaian Samarinda, untuk dibawa ke Parepare, dan jadikan kota lebih maju lagi. 

“Parepare bisa jadi penyangga kehadiran IKN di masa depan. Sehingga saat ini bisa mulai mempersiapkan diri dengan menjalin hubungan kerja sama, salah satunya dengan Samarinda,” tandas Akbar Ali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *