Inisiasi Akbar Ali, Bantuan dari SKPD, BUMN, BUMD, Instansi Vertikal dan Masyarakat Parepare Segera Dikirim ke Korban Longsor Toraja

Parepare_info. Parepare — Bantuan logistik, bahan makanan, hingga uang tunai mengalir dari setiap SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare untuk korban bencana alam tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja.¬†

Tidak hanya SKPD, BUMN, BUMD hingga instansi vertikal dan masyarakat umum di Parepare juga turut menyalurkan bantuan untuk korban longsor Toraja. 

“Menindaklanjuti instruksi Bapak Pj Wali Kota Parepare terkait bantuan kepada saudara kita yang tertimpa bencana alam tanah longsor di Makale Kabupaten Tana Toraja, Alhamdulillah disikapi dan direspons baik oleh instansi Pemerintah Daerah, instansi vertikal, BUMN, BUMD, serta masyarakat Kota Parepare pada umumnya,” kata Kepala Pelaksana BPBD Parepare, Hj Irma Suryani, Sabtu (27/4/2024).

Irma Suryani mengungkapkan, Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai instansi yang menjadi leading dalam penanggulangan bencana mengaktifkan posko bantuan selama 3 hari, namun antusias instansi pemerintah dalam memberikan bantuan sangat tinggi sehingga pelaksanaan posko bantuan diperpanjang sampai 6 hari, terhitung sejak Jumat (19/4/2024) sampai dengan Rabu (24/4/2024).

“Terdapat beberapa jenis bantuan yang telah dikumpulkan antara lain beras, mie instan, air mineral, gula pasir, makanan ringan, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, pembalut wanita hingga uang tunai,” ungkap Irma.

Penyaluran bantuan rencananya akan dilakukan pada Ahad pagi (28/4/2024) dengan menggunakan kendaraan Truk Dalmas Satpol PP dan kendaraan Operasional BPBD.

Irma mengaku, telah melakukan koordinasi dengan BPBD Tana Toraja untuk melakukan pendampingan ke lokasi terdampak bencana tanah longsor, dan membantu dalam proses penyaluran bantuan logistik langsung kepada korban yang terkena dampak.

Sampai saat ini masih terdapat posko pengungsian sebagai penampungan sementara terhadap warga yang mengalami kerusakan tempat tinggal dan sebagai tempat pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.

“Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh donatur yang telah mengambil bagian pada kegiatan kemanusiaan ini. Semoga apa yang telah kita lakukan bersama menjadi amal ibadah di sisi-Nya. Salam tangguh dan salam kemanusiaan,” tandas Irma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *