Pj Wali Kota Parepare Dukung Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Siap Berdayakan dan Beri Ruang Berkreasi 

Parepare_info. Parepare — Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kospi) berkolaborasi dengan Lingkar Hijau Kota Parepare menggelar silaturahmi onthelist dan onthelista sepeda joeng.

Kegiatan berlangsung di Taman Mattirotasi, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Parepare, Sabtu malam (24/2/2024). 

Kegiatan dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Kospi Parepare periode 2024-2029, sekaligus memperingati hari jadi ke-64 Parepare, dan hari jadi ke-16 Kospi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali hadir langsung membuka kegiatan itu. Turut hadir Wakil Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Syahban Sammana yang juga Ketua Kospi Pangkep. 

Hadir pula, Ketua Lingkar Hijau Iqbal Rahim Gani yang juga Ketua Kospi Parepare. 

Dalam sambutannya, Akbar Ali menyampaikan kegembiraannya terkait popularitas sepeda ontel. 

“Ini pertama kali saat berdiri di depan pencinta sepeda tua sejak saya menjabat sebagai Pj Wali Kota Parepare,” katanya. 

Akbar Ali mengapresiasi beragam profesi yang tergabung dalam komunitas sepeda ontel ini, di antaranya Wakil Bupati Pangkep juga merupakan penggemar sepeda tua.

“Ada berbagai profesi mencintai sepeda tua. Kita lihat sendiri di Pangkep, ada Wakil Bupati Pangkep pencinta sepeda tua,” ungkapnya. 

Dia mengemukakan, memiliki sepeda tua bukan hanya soal hobi, melainkan juga tentang menjalin persahabatan, dengan bergabung dalam komunitas. 

“Selain mendukung kesehatan, keikutsertaan dalam komunitas sepeda tua, dapat membawa manfaat silaturahmi yang tak ternilai,” terang Akbar Ali. 

Dia mengungkapkan, sepeda ontel bukan sekadar alat transportasi, tetapi  memiliki sejarah yang mengakar dalam ingatan masa muda. 

Sehingga, kata dia, kecintaan terhadap sepeda tua menjadi simbol penghargaan terhadap warisan dan kenangan masa kecil, menciptakan nilai-nilai religius yang terkandung di dalamnya.

“Sepeda ontel memiliki sejarah. Karena kita akan selalu teringat di masa muda. Sehingga, kecintaan kita terhadap orang tua dan masa saat kita anak-anak akan selalu dikenang,” kisahnya. 

Karena itu, Pemkot Parepare berkomitmen untuk memberdayakan kecintaan terhadap sepeda ontel. Ini tercermin dalam upaya memberikan ruang yang lebih luas, seperti penyelenggaraan festival, perlombaan, dan acara lainnya. 

Tujuannya, kata dia, adalah menghidupkan semangat komunitas sepeda tua, membangun ikatan sosial, dan merayakan warisan budaya yang terkandung dalam setiap putaran roda sepeda ontel. 

“Insya Allah, kecintaan kita kepada sepeda ontel ini akan kita berdayakan. Akan kita berikan ruang, apakah itu kreativitas pameran atau perlombaan sebagainya. Kita akan berikan ruang kepada saudara-saudara kita pencinta sepeda ontel,” tegas Akbar Ali. 

Sementara Ketua Kospi Parepare, Iqbal Rahim Gani bersyukur, kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses.