Makam Andi Mallarangeng Lebih Berestetika, Keluarga Terharu Kepedulian Taufan Pawe dan Pemkot Parepare

Parepare_info. Parepare — Keluarga Almarhum Andi Mallarangeng, Wali Kota ke-4 Parepare, terharu dan berterima kasih atas kepedulian Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe dan jajaran Pemerintah Kota Parepare merenovasi Makam Andi Mallarangeng.

Kini makam tersebut menjadi lebih berestetika, representatif, dan ikonik destinasi wisata bersejarah di Parepare.

Apresiasi itu disampaikan anak ketiga Andi Mallarangeng, Andi Zulkarnain Mallarangeng yang mewakili keluarga saat peresmian makam tersebut, Senin (2/10/2023).

Andi Zulkarnain mengaku bersyukur atas perhatian luar biasa dari Pemerintah Kota Parepare khususnya Wali Kota Taufan Pawe.

“Alhamdulillah ini sungguh perhatian yang sangat luar biasa buat kami. Almarhum ayah kami sangat mencintai Kota Parepare, dan berkesempatan memimpin kota ini kurang lebih tiga tahun. Sebelumnya beliau juga menjadi Wakil Wali Kota selama lima tahun,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain mengungkapkan, tanah makam ini awalnya sengaja dibeli oleh ayahnya untuk membangun sebuah rumah. “Beliau sangat menginginkan dan menyukai tempat ini, karena bisa memandangi langsung Kota Parepare secara keseluruhan,” kisah Zulkarnain.

“Beliau memang sengaja beli tanah ini untuk dijadikan rumah beliau, hingga akhirnya beliau dikebumikan di tempat ini. Dan kita membeli rumah yang diberikan Pemerintah Provinsi kepada kami sebagai penghargaan, yaitu rumah jabatan yang tidak jauh dari tempat ini,” ungkap Zulkarnain melanjutkan kisahnya.

Zulkarnain berkisah bagaimana Andi Mallarangeng merintis jalan di Parepare dengan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bergotong royong. Masa itu sangat sulit untuk mendapatkan APBD tapi karena semangat Andi Mallarangeng sehingga berhasil membangun tanpa APBD, dan mendorong kerja sama antara seluruh masyarakat Parepare.

“Beberapa dokumentasi dan juga karya tangan beliau, kita akan serahkan kepada Pemerintah Kota Parepare, untuk dipajang di tempat ini,” tandas Zulkarnain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *