GANDENG PEMKOT MAKASSAR, SAVE THE CHILDREN INDONESIA & ACCENTURE CANANGKAN PROGRAM SIRKULAR JENIUS GUNA ATASI TANTANGAN SAMPAH ELEKTRONIK

Uncategorized276 Views

 

Makassar, 29 Agustus 2023.  Guna menjawab tantangan mendesak akibat krisis sampah elektronik yang semakin merajalela, Save the Children Indonesia bersama Accenture meluncurkan program Sirkular Jenius di Makassar. Tujuan program ini untuk berkontribusi menciptakan masa depan yang bermartabat dan berkelanjutan bagi anak-anak dan keluarga yang bekerja di sektor sampah elektronik, dengan memberi mereka keterampilan dan peluang yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak atau kembali ke pendidikan.

Laporan riset Save the Children pada Februari 2023 lalu menyebutkan bahwa di Kota Makassar, tidak hanya pemulung dewasa tetapi juga termasuk dua ratus pemulung anak-anak berusia 6 hingga 17 tahun berada pada level paling bawah di sistem limbah elektronik, yakni mengumpulkan limbah tersebut. Tak jarang dari mereka juga terlibat dalam proses pemilahan tidak aman seperti membakar plastik secara terbuka, membongkar komponen papan sirkuit dengan cara tidak aman, dan diperparah dengan tidak dilengkapi peralatan keselamatan yang tepat. Hal ini tentu dapat mengekspos anak-anak terhadap bahaya keselamatan dan kesehatan.

“Melalui program Sirkular Jenius ini kami berharap ada perubahan yang lebih baik terkait sistem pengelolaan sampah elektronik lokal. Menjadikannya lebih efisien dan ramah lingkungan, sekaligus menawarkan peluang penghidupan layak bagi para keluarga yang bekerja di industri ini, dan tentunya ini akan sangat berdampak pada kesejahteraan anak-anak di Kota Makassar,” jelas Ihwana Mustafa, Program Manager Save the Children Indonesia di Sulawesi Selatan.

Melalui Program Sirkular Jenius yang lahir dari kolaborasi strategis antara Save the Children; Accenture; Pemerintah Kota Makassar; akademisi; dan berbagai pihak non-pemerintah, diharapkan dapat terus berupaya merespons permasalahan sampah elektronik dengan cara yang inovatif. Program ini bukan hanya sekadar mengurangi dampak buruk, tetapi juga memberikan kesempatan berharga bagi para pekerja sektor sampah elektronik dalam meraih penghidupan yang lebih layak.

“Sampah elektronik bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga merupakan masalah kesehatan publik. Dengan peluncuran program ini, kami berharap untuk meminimalkan dampak buruk dari sampah elektronik dan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penanganan sampah elektronik ini dengan baik dan tepat,” tegas Ferdi Mochtar, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Pencanangan Program Sirkular Jenius ini diselenggarakan pada Selasa, 29 Agustus 2023, di Hotel Ibis Style Makassar. Acara juga dihadiri oleh berbagai pihak termasuk dinas terkait dari pemerintah Kota Makassar, organisasi masyarakat (CSO), akademisi, serta perwakilan dari para pemulung dan keluarga.

Tentang Save the Children Indonesia

Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak.

Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.