Pangerang Rahim Perkenalkan Parepare sebagai Kota Cinta Habibie Ainun

Uncategorized215 Views

PAREPARE_INFO. Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang memperkenalkan Parepare sebagai kota cinta Habibie Ainun kepada para peserta PKA BPSDM Papua Barat.

Peserta pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan I BPSDM Papua Barat berjumlah 35 orang. Mereka diterima oleh Pangerang Rahim di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis (22/6/2023).

Kehadiran peserta PKA asal Papua Barat itu atas kerja sama Puslatbang KMP LAN Makassar yang memilih Parepare sebagai lokus studi atau penelitian lapangan.

Pangerang Rahim mengatakan, Parepare dijuluki sebagai kota cinta Habibie Ainun karena pembangunannya banyak terinspirasi pada sosok BJ Habibie. Presiden ke-3 RI itu adalah putra kelahiran Parepare.

“Pembangunan di Kota Parepare banyak bernuansa BJ Habibie, karena Pemerintah Kota Parepare terinspirasi dari cinta sejati Habibie kepada istrinya Ainun,” ungkap Pangerang.

Pangerang pun memperkenalkan berbagai ikonik Habibie Ainun di Parepare, di antaranya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun Habibie, Auditorium BJ Habibie, RS dr Hasri Ainun Habibie, Museum BJ Habibie, Institut Teknologi BJ Habibie (ITH), hingga Masjid Terapung BJ Habibie.

Pangerang dalam kesempatan itu turut mengulas singkat capaian-capaian pembangunan Parepare, peningkatan PAD dari tahun ke tahun, peningkatan IPM, hingga pengelolaan keuangan yang mendapat opini WTP dari BPK RI sebanyak tujuh kali selama pemerintahan Wali Kota Taufan Pawe. Padahal Taufan Pawe mewarisi tanpa opini atau disclaimer di awal pemerintahannya pada 2013. Kemudian mengubahnya menjadi WDP di tahun pertamanya, hingga akhirnya tujuh kali WTP sampai saat ini.

Kepala BPSDM Papua Barat, Eduard Nunaki yang memimpin rombongan merasa terhormat dan mengapresiasi mendapat sambutan istimewa dari Pemerintah Kota Parepare.

Eduard memperkenalkan ada 40 peserta pelatihan, namun lima berhalangan hadir, sehingga 35 orang yang berkunjung ke Parepare. Peserta pelatihan adalah instansi vertikal dan OPD Provinsi Papua Barat. Di antaranya ada dari Kejati Papua Barat, Kemenhub, dan Kabupaten Kota di Provinsi Papua Barat.

“Tujuan kami untuk memenuhi agenda pelatihan kami, yaitu studi lapangan fokus di Parepare. Fokus kami dua OPD di Parepare yaitu Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup,” kata Eduard.

Eduard juga merespons positif ulasan Pangerang Rahim tentang Pemkot Parepare yang menginspirasikan BJ Habibie dalam pembangunannya. “Karena itu kami kunjungan ke lokasi untuk menambah inspirasi,” ujar Eduard.

Secara khusus Eduard berterima kasih atas sambutan hangat Wali Kota dan jajaran Pemkot Parepare serta masyarakat Parepare secara umum. “Semoga kehadiran kami menjadi berkah dan bermanfaat bagi Parepare dan kami sendiri,” harap Eduard.

Bersama Eduard, turut mendampingi Widyaswara Ahli Madya BPSDM Papua Barat, Isak Irwan Limbong.

Sementara jajaran Pemkot Parepare yang menyambut selain Wakil Wali Kota, di antaranya Staf Ahli, Asisten, Kepala BKPSDMD Adriani Idrus, Kepala Disporapar Amarun Agung Hamka, Kepala DLH Budi Rusdi, Kepala SKPD lainnya, dan beberapa pejabat.